Selasa, 29 Januari 2013

Bubbles (Gelembung Sabun)

http://positiveparentingconnection.net/wp-content/uploads/2011/05/bubbles.jpg 

Gelembung sabun merupakan sebuah lapisan tipis dari air yang bersabun. Kebanyakan gelembung sabun berisi air, namun kamu juga bisa membuat gelembung dari gas karbon dioksida. Lapisan yang membentuk gelembung udara terdiri dari 3 lapisan. Lapisan tipis air dihimpit oleh 2 lapisan molekul sabun.

Saat ini kamu akan membuat gelembung sabun dengan bahan yang sederhana dan mudah di dapat.

Alat dan bahan :
  • Air
  • Sabun cair
  • Gula pasir
  • Sedotan
  • Gelas plastik

Cara membuat :

  1. Siapkan air hangat dan tambahkan 1 sendok makan gula pasir lalu aduk sampai larut. Kemudian tambahkan 3 sendok makan sabun cair aduk perlahan. Bubbles mu siap dimainkan.
  2. Untuk alat peniupnya ambil salah satu sedotan. Dengan sedotan tersebut buatlah bentuk-bentuk yang kamu suka ( lingkaran, segitiga atau segi empat ). Buatlah gagang peniup dari sedotan yang lain. Masukkan alat peniup ke dalam mangkuk yang berisi bubbles, kemudian tiuplah, maka akan keluar bubbles. Apakah bentuk bubbles mu ? Bulat, segitiga atau segi empat ?

Penjelasan sains :

Gelembung sabun yang kamu tiup pasti selalu berbentuk bulat (bola), walaupun gagang yang digunakan berbentuk kotak atau segitiga sekalipun. Hal ini karena udara di dalam gelembung udara bergerak ke segala arah dan bentuk bulat juga merupakan bentuk yang paling sedikit membutuhkan energi.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar